BAGIKAN
Papan Informasi Digital Dotmatrix di Stasiun Manggarai | Foto Oleh: Fasubkhanali

Media infomasi sangat dibutuhkan para penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek untuk mengetahui situasi perjalanan dan posisi KRL yang diinginkan. Saat ini, banyak sekali media informasi yang bisa digunakan para penumpang KRL. Media sosial seperti Facebook, Twitter serta aplikasi mobile “InfoKRL” menjadi pilihan media favorit untuk mengetahui informasi seputar KRL.

Papan Informasi Digital Dotmatrix di Stasiun Manggarai | Foto Oleh: Fasubkhanali
PID tipe “Dotmatrix” di jalur 5 dan 6 Stasiun Manggarai

Namun, jika penumpang sudah berada di stasiun, umumnya mereka sangat mengandalkan informasi dari announcer stasiun mengenai posisi dan tujuan KA-KA yang datang. Terkadang suasana stasiun yang ramai dan berisik membuat penumpang melewatkan informasi yang disiarkan.

Untuk itu, saat ini di beberapa stasiun di Jabodetabek telah disediakan fasilitas media informasi tambahan, berupa papan informasi digital Passenger Information Display (PID) yang kini telah dipasang di beberapa stasiun-stasiun di area Jabodetabek.

Advertisement Inline

Ada 2 (dua) jenis PID yang sudah dipakai di stasiun-stasiun lintas Jabodetabek, diantaranya:

  1. PID Dotmatrix
Papan Informasi Digital "Dotmatrix" di Stasiun Manggarai | Foto Oleh: Fasubkhanali
PID tipe Dotmatrix di Stasiun Manggarai

Layar PID dengan ukuran terkecil menggunakan sistem Dotmatrix. PID yang terbuat dari susunan lampu Light Emitting Diode (LED) monokrom (warna tunggal) dengan ukuran terbatas ini menampilkan informasi berupa tujuan kereta yang akan masuk di stasiun tersebut dan lokasi real time dimana KRL tersebut sudah berada. Rencananya, PID jenis ini akan disediakan di semua stasiun di area Jabodetabek.

2.  PID LED Screen

Papan Informasi Digital "LED Screen" di Stasiun Juanda | Foto Oleh: Fasubkhanali
PID tipe “LED Screen” di Stasiun Juanda

PID jenis LED Screen yang memanfaatkan televisi (TV) berteknologi LED juga telah disediakan di beberapa stasiun, salah satunya di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. PID dari TV LED ini menampilkan informasi berupa nomor perjalanan KA, relasi/tujuan dan posisi real time KRL yang lebih lengkap ketimbang PID Dotmatrix. Selain itu, himbauan dan iklan turut menghiasi PID jenis LED Screen ini.

PID LED Screen terdiri dari dua jenis, single screen dan multi-screen. Single screen hanya terdiri dari satu layar TV dan digantungkan di langit-langit atau di dinding pada sudut-sudut tertentu stasiun. Sementara multi-screen adalah gabungan beberapa layar TV yang diintegrasikan memuat tampilan yang lebih besar, dan diletakkan berdiri (standing) di sudut-sudut tertentu stasiun.

Papan Informasi Digital "LED Screen" di Stasiun Jakarta Kota | Foto Oleh: Fasubkhanali
PID tipe “LED Screen” di Stasiun Jakarta Kota

Papan informasi multi-screen saat ini ditempatkan di stasiun-stasiun besar seperti Bogor dan Jakarta Kota. Informasi yang diberikan serupa dengan layar single screen, meliputi nomor KA, relasi/tujuan dan posisi real time serta jalur dimana KRL tersebut berada berikut himbauan-himbauan dan iklan, namun dengan tampilan yang lebih besar.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.