BAGIKAN

reon

Kontroversi seputar anime Musaigen no Phantom World adalah perdebatan klasik “apakah moe merusak anime,” dan kali ini, Penjuru Internet menghadirkan sejumlah tautan yang bisa membuka wawasan pembaca mengenai tema ini dari penjuru internet.

In Defense of Moe: An Interview with Patrick W. Galbraith (Henry Jenkins)

Henry Jenkins, salah satu pakar komunikasi Amerika berdiskusi dengan pakar budaya anime Patrick Galbraith. Galbraith melihat secara umum bagaimana moe di Jepang berkembang dan mengapa moe tidak perlu dikhawatirkan apalagi dianggap menjijikan.

In Defense of Moe SOL: Part 1 (Reddit)

Pengguna Reddit memosting argumentasi mengenai keberadaan moe dalam anime bertemakan slice of life. Meski definisi slice of life dalam anime jauh lebih karet ketimbang definisi moe, sejumlah argumen dalam artikel ini menarik dilihat bagaimana moe tidak menghancurkan anime Jepang dan bisa dilihat justru memperkaya khazanah kebudayaan anime. Bahkan, K-On! yang divisif pun dipuji oleh kritikus dan memenangkan berbagai penghargaan.

Simak panduan berikut untuk bantuan mengakses Reddit.

Revisiting the Moe Debate and Defending it – Three Years Later (Chikorita157)

Melihat kembali kasus K-On!, penulis beranggapan bahwa moe tidak sekadar cute girls doing cute things, kedalaman cerita yang seringkali tidak terlihat (atau sengaja diabaikan) oleh segelintir yang mengkritiknya, serta mengulang kembali penjelasan mengenai latar budaya Jepang yang sangat menghargai keimutan (sebagaimana terlihat dalam Hello Kitty) dan menyarankan agar penonton tidak terlalu merepotkannya.

KAORI Newsline juga telah menulis sejumlah laporan mendalam mengenai moe dan bisa dibaca pada tautan berikut ini:

Dua Alur Penggunaan Moe
Percakapan Moe dalam Pergaulan Fujoshi
Memasarkan Produk dengan Moe: Membahas Personifikasi Bishōjo dari Perspektif Dua Otaku
Ulasan Buku: The Moe Manifesto

KAORI Nusantara