Jalur kereta api (KA) kecepatan tinggi alias High-Speed Train (HST) “Shinkansen Hokkaido” yang menghubungkan pulau Hokkaido dengan pulau utama Jepang, Honshu secara resmi dibuka pada hari Sabtu (26/3). Shinkansen Hokkaido ini menawarkan waktu tempuh yang lebih cepat untuk bepergian diantara dua kota yang berada di dua pulau berbeda.

Kereta rel listrik (KRL) super cepat seri H5 dengan nama KA Hayate 91 merupakan rangkaian kereta Shinkansen Hokkaido pertama yang dioperasikan di jalur baru ini. Kereta ini meninggalkan stasiun Shin-Aomori di prefektur Aomori menuju stasiun Shin-Hakodate-Hokuto di Hokkaido pada pukul 06.32 waktu setempat. Kereta selanjutnya yang beroperasi di jalur baru ini adalah KA Hayabusa 10 yang berangkat berlawanan arah dengan Hayate 91 dengan tujuan akhir stasiun Tokyo. Kereta ini berangkat dari stasiun Shin-Hakodate-Hokuto pada 06.35 dan tiba di stasiun Tokyo pada pukul 11.00 waktu setempat.

Proyek Shinkansen Hokkaido ini pernah mengalami masa-masa sulit, bahkan hampir dibatalkan karena masalah ekonomi yang dihadapi negeri Matahari Terbit tersebut karena krisis dan juga kondisi keuangan Japanese National Railway (JNR) yang sangat buruk pada era 1980-an. Namun setelah perencanaan dan pembangunan yang diiringi penantian panjang selama lebih dari 4 dekade, akhirnya Shinkansen yang berlari diantara stasiun Shin-Aomori dan Shin-Hakodate-Hokuto di Hokkaido ini, resmi dioperasikan untuk pertama kalinya.

Poster pembukaan jalur Shinkansen Hokkaido | Ilustrasi: http://www2.jrhokkaido.co.jp/
Poster pembukaan jalur Shinkansen Hokkaido | Sumber : JR Hokkaido

Menurut Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido) dan East Japan Railway Company (JR East), perjalanan kereta cepat yang beroperasi antara Shin-Hakodate-Hokuto di pulau Hokkaido dengan Ibukota negara di pulau Honshu akan memakan waktu selama 4 jam 2 menit, memangkas waktu tempuh hingga 53 menit dari sebelumnya tanpa menggunakan Shinkansen. Perhitungan waktu ini termasuk waktu tempuh perjalanan tambahan menuju stasiun Hakodate menggunakan kereta lokal Hakodate Liner.

Perjalanan KA pada layanan Shinkansen Hokkaido yang baru dibuka ini menggunakan kereta Shinkansen seri pertama terbaru milik JR Hokkaido yaitu Shinkansen seri H5 yang memiliki warna eksterior Hijau dan Putih dengan warna garis Ungu sebagai pemisah pada bagian tengahnya. Pada bagian interior terdapat motif kepingan salju pada lantai ruang penumpang kereta Shinkansen ini. Terhitung sebanyak 32 perjalanan KA akan beroperasi di kedua arah pada hari peresmiannya, termasuk kereta khusus atau kereta api luar biasa (KLB).

Berikut ini adalah data fakta dan angka mengenai Shinkansen Hokkaido yang dikutip dari Japan Times:

Fakta dan Angka-angka mengenai Shinkansen Hokkaido
Fakta dan angka mengenai Shinkansen Hokkaido | Sumber : Japan Times

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.