West Japan Railway Company (JR West), salah satu perusahaan kereta api (KA) di Jepang yang mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) kecepatan tinggi, Shinkansen, membuka layanan tur kunjungan ke Dipo Shinkansen di Hakata. Salah satu dipo untuk Shinkansen yang terletak di wilayah Nakagawa, Perfektur Fukuoka, bagian selatan di barat Jepang ini dapat dikunjungi dengan menempuh waktu hanya sekitar 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Hakata-Minami.

Dalam tur kunjungan tersebut, pengunjung tak hanya dapat melihat rangkaian-rangkaian kereta Shinkansen yang sedang parkir (stabling) dan juga menjalani perawatan, tetapi juga dapat menikmati sensasi berada di kabin masinis Shinkansen.

Untuk dapat berkunjung ke Dipo Shinkansen Hakata, calon pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu di laman berikut ini dan waktu kunjungan akan dijadwalkan hingga 3 bulan sejak pengajuan. Acara kunjungan sendiri hanya akan dibuka setiap hari Selasa, kecuali saat hari libur nasional dan dibagi dalam dua sesi waktu kunjungan per harinya. JR West hanya melayani grup pengunjung yang terdiri dari 8 hingga 40 penumpang. Dan yang paling menarik, kunjungan ke Dipo Shinkansen Hakata ini sama sekali tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Selama ini, JR West selaku pemilik dipo hanya mengizinkan kunjungan pada acara-acara atau event tertentu.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.