Perbandingan jumlah perjalanan KRL per hari tahun Tahun 2013 dengan tahun 2016
Lintas | Jumlah Perjalanan 2013 | Jumlah Perjalanan 2016 |
Bogor / Depok – Jakarta Kota PP | 157 | 213 |
Bogor / Depok / Nambo – Duri / Jatinegara PP | 97 | 171 |
Bekasi – Jakarta Kota PP | 102 | 158 |
Maja / Parung Panjang / Serpong – Tanah Abang PP | 84 | 160 |
Tangerang – Duri PP | 48 | 91 |
Jakarta Kota – Tanjung Priok PP | 0 | 12 |
Feeder Manggarai – Duri / Jakarta Kota PP | 50 | 93 |
Total | 538 | 898 |
Berbagai perbaikan pelayanan itu berlangsung di tengah sejumlah keterbatasan, termasuk soal kepadatan traffic jalur kereta api di wilayah Jabodetabek, sehingga dengan kondisi tersebut komitmen meningkatkan kapasitas angkut hingga 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019 dilakukan melalui langkah dengan memperpanjang rangkaian kereta.
“Dengan memperbanyak rangkaian yang terdiri dari sepuluh dan dua belas kereta, kami dapat terus meningkatkan kapasitas angkut tanpa harus menambah perjalanan, karena sampai dengan akhir tahun kami tidak dapat menambah perjalanan agar antrian KRL pada lintas tertentu dapat diminimalisir,” ujar Fadhil.
Dengan kondisi peningkatan jumlah penumpang tersebut, KCJ juga menghimbau para pengguna, teritama pengguna yang belum terbiasa menggunakan KRL, untuk selalu berhati-hati dan tidak terburu-buru. Saat ada kepadatan penumpang atau antrian kereta, para pengguna diminta untuk tidak memaksakan diri naik KRL dan menunggu perjalanan KRL selanjutnya.
Kesiapan menghadapi angkutan lebaran ini menjadi puncak dari pelayanan KCJ selama bulan Ramadhan dan musim libur lebaran tahun 2016. Pada bulan Ramadhan ini KCJ juga telah melakukan pembagian 10.000 paket takjil kepada pengguna KRL di enak stasiun besar, dan menggelar buka puasa bersama sekaligus memberikan santunan bagi 31 masjid dan musholla di sekitar jalur rel. “Kami berharap masa angkutan lebaran ini menjadi puncak pelayanan kami bagi para pengguna,” pungkas Fadhil.
Cemplus Newsline by KAORI | Press Release