Rencana pembangunan jalur kereta ringan atau light rail vehicles (LRV) sepanjang 14.6 km di Utsunomiya, Prefektur Tochigi telah disetujui oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Infrastruktur, Tanah dan Transportasi (MILT) pada 26 September lalu. LRV ini nantinya akan melayani penumpang yang akan transit dari stasiun Utsunomiya menuju kota Haga.

Jalur LRV yang membentang dari timur ke barat ini akan dibuat ganda dan nantinya akan menghubungkan Fasilitas Riset dan Pengembangan milik Honda di kota Haga dengan stasiun Utsunomiya milik East Japan Railway Company (JR East) yang melayani perjalanan Shinkansen Tohoku, Jalur Utama Tohoku (Tohoku Main Line), serta jalur Nikko. Sebanyak 19 stasiun perhentian LRT akan dibuat, dimana 4 stasiun terletak di kota Haga sementara sisanya akan masuk ke daerah Utsunomiya.

Layanan ini direncanakan akan dioperasikan dengan menggunakan 17 armada LRV dengan spesifikasi panjang rangkaian 30m, lebar 2.65m, serta menggunakan lebar rel 1067mm. LRV low-deck ini diperkirakan dapat mengangkut sebanyak 155 penumpang sekali perjalanan. Untuk sumber tenaganya, LRV ini akan menggunakan listrik aliran atas (LAA) bertegangan 750 V DC. Pada operasionalnya nanti, LRV ini dapat dioperasikan hingga kecepatan 70 km/jam pada bagian terpisah (dari jalanan) pada rute tersebut.

Sebagian besar biaya proyek yang mencapai ¥ 45.8 milyar ‎ini dibiayai oleh kota Utsunomiya yakni sebanyak 40.8%, sisanya dibantu oleh kota Haga (10.8%), dan konsorsium lain seperti Tochigi Light Rail (22.8%), Kanto Auto Works (10%), dan Tobu Railway Company (4%). Proyek ini dijadwalkan akan selesai pada bulan Desember tahun 2019.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.