Novel your name akan Diterbitkan di Indonesia

0
kimi no nawa
© 2016 ComixWave Production

Bagaimana seseorang seharusnya diidentifikasi dengan hubungannya dengan orang lain, bukan nama.

The Guardian berkata bahwa ‘your name.’ adalah sebuah “petualangan remaja yang memukau dan memilukan”. Pujian kritikus film Mark Kermode ini ditujukan atas film animasi ‘your name.’ atau ‘Kimi no Nawa‘ yang menyabet 66 penghargaan di dalam dan luar negeri Jepang, dan adaptasi novelnya akan diterbitkan oleh Penerbit Haru pada 2020 mendatang. Film animasi terakhir Makoto Shinkai yang berjudul ‘Weathering with You’ bahkan mewakili Jepang ke ajang Piala Oscar.

Membaca novel yang ditulis sendiri oleh sang animator dan sutradara ini, kita diajak kembali untuk mengerti makna sebuah nama dalam mengidentifikasi seseorang. Kita sering mendapati diri kita berkomentar kejam dan emosional di sosial media tanpa memikirkan apa akibatnya, dan pada kenyataannya, minim sekali akibat dari sebuah cuitan pedas di Internet. Kita bisa bersembunyi di balik tembok pengaman berupa nama pengguna dan akun anonim. Kita juga akan mengingat bagaimana seorang anak yang bunuh diri di Kupang, meninggalkan surat wasiat, menyatakan bahwa salah satu alasannya adalah karena hujatan warga dan keluarga mengenai kondisi keluarganya.

BBC dalam salah satu artikelnya berkata bahwa ‘konten yang memicu kemarahan dan emosi jauh lebih memungkinkan untuk mendapatkan respons’. Tidak seperti dunia luar jaringan, dunia dalam jaringan mengandung sedikit atau bahkan tidak ada risiko seorang individu akan terekspos, sehingga sangat sulit bagi orang awam untuk mengidentifikasi siapa orang-orang tersebut tanpa nama. Di luar jaringan pun, orang akan terjebak dalam mentalitas gerombolan dan jadi ikut-ikutan sehingga pada akhirnya tidak diketahui lagi siapa yang mengatakan apa, lagi-lagi, kita tidak bisa menyodorkan sebuah nama untuk mengidentifikasi seseorang. Kedua kasus tersebut adalah contoh kasus ketika seseorang bersembunyi di balik anonimitas dan gerombolan yang berakibat tiadanya sebuah nama.

Advertisement Inline

Novel yang telah diterjemahkan ke dalam 22 bahasa ini mengisahkan tentang seorang pemuda kota dan seorang gadis desa yang pada suatu hari tiba-tiba bertukar tubuh dalam waktu-waktu yang acak. Awalnya mereka mengira mereka sedang bermimpi, dan berbuat seenaknya sebelum pada akhirnya mereka sadar bahwa pertukaran tubuh tersebut bukanlah mimpi. Pada awal cerita kita akan disuguhi betapa berbedanya mereka berdua, desa dan kota, laki-laki dan perempuan, individualistis dan suka bersosialisasi, pendiam dan ceria…. Kita akan melihat bagaimana pemuda tersebut berubah menjadi seorang yang tidak peduli pada hubungan dengan orang lain menjadi orang yang lebih terbuka, kita juga akan melihat bagaimana gadis tersebut berubah menjadi gadis yang ingin segera keluar dari desanya menjadi seseorang yang berusaha menyelamatkannya. Dengan novel ini, pembaca bisa mengeksplorasi perasaan para tokoh yang tidak bisa diwakilkan dalam film animasi yang lebih mengandalkan visual. Siapa yang tahu apa yang ada dalam benak Mitsuha saat dia memerahkan wajah ketika pertama kali berada dalam tubuh Taki?

Judul ‘your name.’ dalam bahasa Jepang sebenarnya bukanlah sebuah pernyataan, melainkan sebuah kalimat yang belum selesai dengan titik tiga di belakangnya; ‘namamu….’, untuk menyatakan sebuah pertanyaan tersirat kepada lawan bicaranya untuk mengisi titik tiga di belakangnya. Makoto Shinkai dalam wawancaranya bersama Little White Lies berkata bahwa dia ‘tidak ingin membuat film yang dua sejolinya bertemu di awal, melainkan pada akhir kisah’. Saat mereka bertemu, mereka telah melupakan satu sama lain termasuk nama masing-masing, dan hanya perasaan mereka saja yang tersisa untuk mengidentifikasikan siapa pihak lainnya. Kedua karakter pada akhirnya akan bertemu pada akhir kisah, dan mereka akan membiarkan diri untuk tidak saling mengucap nama karena mereka tahu bahwa mereka bukan diidentifikasikan oleh sebuah nama. Tale, seorang blogger di sevenpercentbiased.com mengatakan bahwa pada akhirnya, Taki dan Mitsuha masing-masing diidentifikasikan bukan dengan nama, melainkan dengan hubungan di antara keduanya; bahwa mereka saling mencintai.

‘your name.’ bukan sekadar sebuah kisah pemuda bertemu dengan seorang gadis, kemudian jatuh cinta. ‘your name.’ adalah sebuah kisah untuk mengingatkan kita bagaimana pentingnya kita menghargai hubungan dengan orang lain, baik itu di dalam jaringan maupun di luar jaringan, karena kita lebih dari sekadar nama.

Nantikan novelnya di Indonesia, persembahan dari Penerbit Haru.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.