Sambungan dari halaman sebelumnya.
Pengalaman Gameplay GBF dalam Kemasan AAA Action RPG
Mekanisme GBF Mobile yang Ada di Granblue Fantasy: Relink

Salah satu kekuatan utama dari Granblue Fantasy: Relink terletak pada elemen gameplay yang dimilikinya. Selain mekanisme dan gauge unik yang dimiliki oleh para karakter yang berbeda, gameplay Relink secara keseluruhan benar-benar memadukan elemen yang sudah ada di GBF versi mobile dengan gameplay khas ala Action JRPG era sekarang. Perpaduan antara combo serangan + skill + movement mechanic menjadi penentu kombinasi. Selain itu keberadaan mekanisme Elemental Weakness, Full Burst, Overdrive, serta Break bisa mengubah drastis jalannya pertarungan di game ini. Hal ini benar-benar mampu menghadirkan elemen yang baru dengan mekanisme yang masih familiar seperti di GBF versi mobile.
Untuk elemen serangan dasar dari gameplay pertarungan, game ini memiliki sistem serangan kombinasi, elemental weakness, serta skill. Untuk serangan kombinasi (combo), masing-masing karakter memiliki combo berbeda dan pemain bisa berlatih combo karakter melawan manekin di atas Grancypher. Untuk skill sendiri, masing-masing karakter memiliki 4 slot skill yang bisa diaktifkan, namun para karakter bisa memiliki lebih dari 4 skill. Karena itu cukup penting juga untuk mengatur susunan skill yang digunakan (baik oleh karakter yang dimainkan maupun karakter AI/CPU) untuk disesuaikan dengan musuh dan medan pertarungan yang hendak dijalani.
Full Burst dan Link Attack – Mekanisme yang Mampu Mengubah Jalannya Pertarungan

Jika pemain berhasil melancarkan serangan, maka gauge untuk melakukan Skybound Art (Ougi) akan terisi. Saat sudah terisi penuh, pemain bisa melancarkan Skybound Art dan jika anggota party lain juga memiliki gauge penuh, maka mereka juga bisa melancarkan serangan serupa dan membentuk chain burst. Full Burst akan terjadi jika 4 karakter melakukan Ougi secara bergantian dan memberikan serangan tambahan sesuai dengan elemen dari Ougi pertama yang dilancarkan.
Selain Full Burst, pemain juga bisa mengaktifkan Link Attack, sebuah serangan khusus yang aktif jika pemain dan party member lainnya menyerang musuh secara bersamaan hingga gauge stun musuh terisi penuh. Dengan menggunakan Link Attack, pemain bisa langsung memberikan serangan akurat menuju musuh dalam posisi stun dan mengisi gauge tersendiri. Saat gauge Link Attack mencapai 100%, maka waktu akan melambat dan party pemain bisa bergerak cepat memberikan serangan beruntun.
Mekanisme Block dan Evasion
Dalam hal defensif, ada dua cara utama pemain bisa menahan serangan baik dengan melakukan block maupun menghindar dengan evade. Masing-masing cara defensif ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan jika dilancarkan dengan timing yang tepat, baik block maupun evade bisa memberikan bonus buff yang cukup membantu dalam pertarungan. Block dengan timing yang tepat bisa meningkatkan stun gauge musuh, sedangkan evade yang tepat bisa memberikan status invisibility kepada karakter.
Menariknya, karena saya bermain dalam difficulty Hard, elemen action dalam game ini terasa begitu menarik dan menantang. Contohnya ketika melawan monster-monster kecil, mereka biasanya datang dalam berbagai gelombang (wave) dan berkelompok. Meskipun damage yang diberikan tidak terlalu besar, namun masing-masing dari monster ini memiliki mekanisme dan pola gerakan berbeda yang jika diabaikan bisa menyebabkan kekalahan fatal.
Seperti menghadapi gerombolan Goblin di bagian awal, pemain akan dihadapkan dengan Goblin bersenjata pedang menerjang dan di belakangnya ada sekumpulan Goblin dengan senjata panah. Jika terlalu fokus menghajar Goblin di depan, pemain akan luput oleh tembakan panah yang bisa memberikan damage fatal. Sehingga benar-benar diperlukan kecekatan antara waktu melancarkan serangan serta mengatur untuk pertahanan agar pertarungan berjalan dengan baik.
Berbagai Mekanisme Pertarungan yang ada Membuat Gameplay Action jadi Lebih Menantang
Perpaduan antara mekanisme serangan dari monster musuh dengan teknik block dan evade ini menambahkan layer gameplay action yang cukup menarik. Adanya sistem Link Attack dan Full Burst juga bisa menjadi pengubah jalannya pertarungan jika bisa dilakukan dengan timing yang tepat. Karena seringkali, dalam difficulty hard, pemain bisa terkecoh karena tidak mengatur timing serangan dan pertahanan dengan baik.
Boss Battle yang Amat Sangat Memuaskan

Terlebih lagi dengan adanya sistem Overdrive, Boss Monster yang berada dalam mode Overdrive cenderung akan melancarkan serangan yang mematikan dan pemain harus menghindar dengan timing yang baik. Meskipun harus melakukan beberapa kali pengulangan karena Game Over namun menjalani pertarungan Boss di game ini benar-benar sangat menguji betapa saya harus cekatan dan memahami map area pertarungan, jarak serangan, hingga pola serangan dan rotasi skill dari Boss monster yang dihadapi. Belum lagi jika ada Boss yang memiliki mekanisme Wipe, maka pemain harus benar-benar siaga. Menurut saya pertarungan Boss di monster ini benar-benar memuaskan.

Meskipun begitu, ada satu hal yang mengganjal terutama saat menjalani Boss Battle di Main Story. Beberapa kali pertarungan melawan Boss diramaikan dengan dialog dari para NPC dan Boss yang terlibat. Tidak jarang beberapa dialog ini memiliki kaitan penting dengan cerita dan lore yang ada. Namun karena fokus pemain sebagian besar akan tertuju pada pertarungan yang dijalani, maka menyimak dialog ini akan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.
Secara umum dari segi gameplay pertarungan, bisa dikatakan bahwa game ini memiliki sistem yang menarik. Di beberapa bagian terasa sangat sulit, namun pemain juga bisa memilih untuk menurunkan tingkat kesulitan dan mengaktifkan sistem Assist. Selain itu, jika HP karakter pemain maupun anggota party lainnya mencapai angka 0%, ada kesempatan untuk bisa bangkit dan melanjutkan pertarungan dengan menekan tombol secara cepat atau menghampiri dan memberinya bantuan.
Menelusuri Sistem Progresi Karakter di Granblue Fantasy: Relink
Untuk bisa menghadapi Boss Monster dengan baik, selain memahami mekanisme Boss, pemain juga harus meningkatkan kemampuan karakter yang ada. Di sinilah porsi Progression sangat berpengaruh. Dalam game Granblue Fantasy: Relink, kemampuan masing-masing karakter bisa ditingkatkan dengan mengatur Mastery serta Gear yang digunakan.
Membuka Skill dan Meningkatkan Status Karakter dengan Mastery
Mastery adalah sistem di mana pemain bisa meningkatkan status dan membuka skill baru dari masing-masing karakter yang ada. Untuk meningkatkan Mastery, pemain membutuhkan MSP, sebuah poin khusus yang bisa didapatkan dari level up maupun menyelesaikan objective atau membuka peti harta di dungeon. Ada tiga jenis Mastery yang bisa ditingkatkan yaitu Offensive (berisi status dan skill offensif), Defensive (berisi status dan skill buff), serta Collection. Khusus untuk Collection ini akan berpengaruh dengan senjata dari karakter yang dimiliki.
Senjata dan Sigil: Dua Gear Penentu Kekuatan Karakter
Sama seperti halnya GBF di mobile, Relink memiliki sistem di mana satu karakter memiliki satu senjata yang bisa digunakan. Seiring perjalanan, pemain bisa mengupgrade level senjata dan meningkatkan level cap dari senjata yang ada. Bahkan pemain juga bisa membuat senjata baru untuk karakter yang ada. Senjata ini bisa diatur dalam menu Gear masing-masing karakter.
Selain senjata, karakter juga bisa semakin diperkuat dengan sigil yang bisa meningkatkan status karakter. Sigil bisa didapatkan dari hadiah quest, objective, ataupun membuka peti harta. Masing-masing karakter memiliki slot sigil tersendiri yang bisa di-unlock melalui Mastery. Pemain juga bisa meningkatkan level sigil melalui fitur upgrade di NPC Blacksmith.
Tetap Harus Grinding Juga
Meningkatkan Mastery, level senjata, serta upgrade sigil inilah yang membuat Relink akhirnya terasa seperti GBF, di mana pemain harus melakukan grinding. Grinding yang dilakukan bisa bertujuan untuk mengumpulkan materi upgrade yang diperlukan, mengumpulkan MSP untuk unlock mastery, hingga mengumpulkan Rupee untuk membayar biaya upgrade senjata atau bahkan mencari Crewmate Card untuk membuka karakter baru.
Meskipun menurut pengalaman saya, bahkan ketika bermain di difficulty Hard saja tidak diperlukan Grinding yang benar-benar diniatkan. Namun tetap saja ditemukan beberapa saat ketika saya kesulitan menghadapi Boss, dan membutuhkan material serta uang untuk menaikkan senjata. Di saat itulah saya beralih melakukan Quest dan Side Quest lain.
Review ini berlanjut ke halaman selanjutnya: Fitur Online dalam Endgame Content Granblue Fantasy: Relink