BAGIKAN

penjuruinternet-titles-hd

Penjuru Internet adalah segmen mingguan yang diasuh oleh pemred KAORI Nusantara, setiap pekan menyajikan tiga artikel pilihan dari penjuru Internet, baru atau lama, yang akan membuka wawasan pembaca mengenai sisi lain Jepang maupun kebudayaan anime yang tidak terjangkau oleh KAORI maupun media lainnya.

Selamat datang dalam edisi pertama Penjuru Internet! Setelah beberapa saat muncul dalam boks di bagian tepi KAORI Newsline dengan nama Pilihan Editor KAORI, mulai 22 Juli KAORI akan mengarsipkan artikel-artikel pilihan setiap minggunya agar dapat dinikmati saat artikelnya telah diturunkan dari sidebar KAORI.

Advertisement Inline

Berikut tiga artikel pilihan dari segmen Penjuru Internet perdana minggu ini.

On Being Bullied in Japan This Japanese Life

The Japanese Life membahas aspek mengerikan di balik harmoni dan struktur sosial masyarakat Jepang yang mengutamakan konformitas. Penulis mencontohkan bagaimana seorang pelaku ijime (pembulian, bullying) membuli teman sebayanya dan saat ditegur, sang pelaku hanya meminta maaf kepada guru dan orang lain namun tidak kepada sang pembuli. Bagai bara dalam sekam, pembulian di Jepang adalah fenomena gunung es di balik rapuhnya sistem pendidikan Jepang, guru yang tidak siap mendidik muridnya, dan adanya motivasi untuk menutup-nutupi kasus pembulian demi menjaga citra dan nama baik sekolah.

The 7 Biggest Corporate Scandals in Japan Bloomberg

Jepang dengan kemajuan industri dan pengetahuannya menghasilkan berbagai produk berkualitas tinggi, namun di balik bagusnya produk yang dipergunakan, tersembunyi mismanajemen dan inefisiensi akut dan untuk menutupi kerugian, alih-alih memperbaiki sistem, sejumlah eksekutif perusahaan Jepang memilih mengakali pembukuannya dengan berbagai macam cara.

NHK and the Comfort Women: War Guilt and Media Self-Censorship in Japan and Elsewhere Bowdoin

Apakah NHK televisi pemerintah atau televisi publik? NHK mencoba membuat dokumentari yang menceritakan penderitaan jugun ianfu, wanita penghibur tentara Jepang saat Perang Dunia II, namun karena tekanan pemerintah, NHK tidak bisa benar-benar menyampaikan apa yang sebenarnya di hadapan publik. Bahkan dokumentari NHK yang menjadi berita besar di media internasional ini pun sama sekali tidak dibahas di media massa lokal Jepang, kecuali oleh satu koran, itu pun hanya sekilas belaka.

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.