Rabu (11/5), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen KA) meresmikan penggunaan tiga stasiun kereta api (KA) di lintas Tanah Abang – Rangkasbitung yang telah selesai direnovasi, diantaranya stasiun Kebayoran di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan, DKI Jakarta, stasiun Parung Panjang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan stasiun Maja di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.
Simak berita peresmian tiga stasiun ini di : Kemenhub Resmikan Pengoperasian Tiga Stasiun Lintas Tanah Abang – Rangkasbitung
Revitalisasi tiga stasiun yang dikerjakan oleh Kemenhub dan menelan biaya sekitar Rp112 Miliar ini dikerjakan secara bersamaan mulai tahun 2014 dan rampung dalam waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya pada awal Mei 2016. Renovasi stasiun-stasiun ini diharapkan dapat mengakomodasi penumpang KA lokal dan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek yang menggunakan layanan transportasi berbasis rel ini dalam keseharian, dan meningkatkan jumlah penumpang yang bepergian dengan moda transportasi andalan ini. Berikut kami sajikan warta foto tampilan dan wajah baru tiga stasiun tersebut dari kunjungan tim Cemplus Newsline by KAORI, mulai dari stasiun Kebayoran pada Kamis (5/5) sepekan sebelum diresmikan, juga stasiun Parung Panjang dan Maja pada Rabu (11/5), setelah peresmian.
Pekerjaan renovasi stasiun Kebayoran yang terletak di km 13+820 antara stasiun Palmerah dan stasiun Pondok Ranji meliputi pembangunan gedung stasiun 2 lantai dengan panjang 120 m mengarah ke Utara, lebar 28,2 m dan tinggi 14,5 m dengan luas bangunan 3.384 m2, dan pembangunan 3 peron tinggi untuk 3 jalur rel sepanjang 212 m.





Sementara itu, renovasi stasiun Parung Panjang yang terletak di km 41+463 antara stasiun Cisauk dan stasiun Cilejit meliputi pembangunan gedung stasiun 2 lantai dengan panjang 21 m ke arah Utara, lebar 36 m dan tinggi 14,6 m dengan luas 756 m2, pembangunan 3 peron setinggi 1 m dari elevasi rel untuk 4 jalur rel dengan luas peron 2.400 m2.





Sedangkan renovasi stasiun Maja yang terletak di km 62+548 antara stasiun Tigaraksa dan stasiun Rangkasbitung memiliki konsep desain hampir serupa dengan stasiun Parung Panjang, meliputi pembangunan gedung stasiun 2 lantai sepanjang 19 m yang memanjang ke arah Utara dan Selatan, memiliki lebar 30 m dan tinggi 15,2 m dengan luas 570 m2, serta pembangunan 2 peron setinggi 1 m dari elevasi rel untuk 3 jalur rel dengan luas peron 2.400 m2.



Ketiga stasiun dengan desain modern dan kekinian tersebut juga telah disterilisasi dengan pemagaran ornamen sekeliling stasiun dan memiliki beragam fasilitas yang lengkap untuk penumpang, diantaranya lift (elevator), tangga berjalan (escalator), ruang menyusui, pos kesehatan, Musholla dan toilet. Pekerjaan mekanikal dan elektrikal ketiga stasiun tersebut juga telah rampung dengan pasokan daya listrik sebesar 6.000 VA untuk stasiun Kebayoran, dan masing-masing 3.000 VA untuk stasiun Parung Panjang dan Maja.




Cemplus Newsline by KAORI