Yang Baru Di Musim 2016

Sumber: supergt.net

Memasuki musim baru, berbagai perubahan terjadi di ajang Super GT. Mulai dari regulasi, perubahan formasi pembalap, hingga jenis mobil baru yang akan berlomba. Berikut adalah berbagai perubahan menarik yang dapat ditemui di musim ini.

GT500

Perubahan Regulasi Aerodinamika dan Pelarangan KERS.

Pihak JAF kembali merevisi aturan mengenai paket aerodinamika yang akan digunakan oleh mobil balap yang berlomba di kelas GT500. Perubahan tersebut dilakukan untuk mengurangi kemampuan downforce setiap mobil sebesar 20%, sehingga kecepatan ketika mobil melibas tikungan cepat menjadi lebih lambat. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan faktor keamanan, khususnya untuk sirkuit yang memiliki jarak pendek seperti seri Sugo dan Okayama. Berbagai perubahan aerodinamika tersebut juga turut mengubah ukuran dimensi mobil.

Advertisement Inline

Berbagai aturan dalam regulasi paket aerodinamika yang berubah untuk musim 2017 adalah ukuran panjang mobil yang semakin pendek (dari 4.775 mm menjadi 4.725 mm), jarak front overhang (bagian sasis yang menggantung di sisi depan poros roda) semakin dekat (dari 975 mm menjadi 925 mm), tinggi bagian belakang mobil semakin rendah (dari 400 mm menjadi 195 mm), tinggi bagian rear diffuser semakin rendah (dari 206 mm menjadi 101 mm) dan ukuran panjang sayap yang semakin lebar (dari 1.390 mm menjadi 1.900 mm).

Ilustrasi perubahan aturan regulasi paket aerodinamika di Super GT (sumber: as-web.jp)

Sementara itu, sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) juga resmi dilarang digunakan pada musim ini. Sistem tersebut sempat digunakan oleh mobil NSX Concept-GT pada musim 2014 hingga 2015 sebelum akhirnya dilepas pada musim 2016.

Penantang Baru Kelas GT500.

Kiri ke kanan: Nissan GT-R NISMO, Lexus LC 500, dan Honda NSX-GT (sumber: supergt.net)

Menanggapi perubahan paket aerodinamika yang turut mengubah dimensi serta tampilan mobil, pabrikan Lexus dan Honda akhirnya resmi memperkenalkan varian terbaru dari mobil balap GT500 mereka. Pabrikan Lexus akan menggunakan mobil LC 500, menggantikan mobil varian RC F yang telah digunakan sejak musim 2014. Mobil ini akan tetap menyematkan mesin RI4AG seperti di mobil RC F.

Sementara itu, Honda akan menurunkan varian model NSX-GT. Menanggalkan kata “Concept”, mobil ini hadir dengan desain bodi berdasarkan versi produksi varian NSX yang telah dirilis secara resmi di Jepang pada bulan Agustus 2016. Mobil ini tetap ditenagai dengan mesin HR-414E berkapasitas 2 liter yang dilengkapi dengan turbocharger.

Di sisi lain, pabrikan Nissan akan tetap menggunakan model mobil GT-R seperti pada musim-musim sebelumnya. Selain menggunakan desain bagian grille depan baru, tampilan mobil ini juga sedikit berubah untuk menyesuaikan perubahan regulasi paket aerodinamika yang mulai berlaku pada musim ini.

Jann Mardenborough Naik Kelas Ke GT500

Jann Mardenborough, pemenang kontes Nissan GT Academy 2011 (sumber: gamespot.com)

Para penggemar seri game Gran Turismo tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Jann Mardenborough, pemenang kontes Nissan GT Academy tahun 2011. Setelah memulai debut di kelas GT300 pada musim 2016 bersama tim NDDP Racing with B-MAX, Mardenborough akhirnya akan berlomba di kelas GT500 bersama Team Impul. Menggantikan posisi pembalap senior Joao Paulo de Lima Oliveira, ia akan dipasangkan dengan Hironobu Yasuda. J.P. Oliveira sendiri akan membalap di tim Kondo Racing bersama Daiki Sasaki.

Selain Mardenborough, pemenang ajang Nissan GT Academy pertama yang diselenggarakan pada tahun 2008, Lucas Ordonez, juga sempat mencicipi ketatnya persaingan di kelas GT500 pada tahun 2015 bersama tim Kondo Racing. Meskipun begitu, kiprahnya di kelas utama tidak sebaik ketika menjalani debut di kelas GT300 pada tahun 2014 dan hanya berlomba di 3 seri pertama. Tahun ini, Ordonez membalap di ajang Blancpain GT Series Endurance Cup bersama tim RJN Nissan .

Kembalinya Team Mugen

MOTUL MUGEN NSX-GT #16 (©Ryuji Hirano/as-web.jp)

Salah satu tim yang dekat dengan pabrikan Honda, Team Mugen, akhirnya akan kembali hadir di kelas GT500 pada musim 2017. Tim ini terakhir kali berpartisipasi di Super GT pada musim 2014, di mana mereka turun di kelas GT300 dengan mobil Honda CR-Z. Menggantikan slot tim Drago Modulo Honda Racing yang undur diri pada akhir musim 2016, Team Mugen akan mengusung duet pembalap Hideki Mutoh dan Daisuke Nakajima dan didukung dengan ban dari pabrikan Yokohama.

Daftar Tim Kelas GT500

Berikut adalah daftar tim yang turun di kelas GT500 (diurutkan berdasarkan nomor balap).

No.Nama TimNama MobilPembalap
1LEXUS TEAM SARDDenso Kobelco Sard LC500Heikki Kovalainen & Kohei Hirate
6LEXUS TEAM LEMANS WAKO’SWAKO’S 4CR LC500Kazuya Oshima & Andrea Caldarelli
8AUTOBACS RACING TEAM AGURIARTA NSX-GTTomoki Nojiri &
Takashi Kobayashi
12TEAM IMPULCALSONIC IMPUL GT-RHironobu Yasuda &
Jann Mardenborough
16TEAM MUGENMOTUL MUGEN NSX-GTHideki Mutoh & Daisuke Nakajima
17KEIHIN REAL RACINGKEIHIN NSX-GTKoudai Tsukakoshi & Takashi Kogure
19LEXUS TEAM WedsSport BANDOHWedsSport ADVAN LC500Yuhi Sekiguchi & Yuji Kunimoto
23NISMOMOTUL AUTECH GT-RTsugio Matsuda
& Ronnie Quintarelli
24KONDO RACINGForum Engineering ADVAN GT-RDaiki Sasaki
J.P. Lima De Oliveira
36LEXUS TEAM au TOM’Sau TOM’S LC500Kazuki Nakajima & James Rossiter
37LEXUS TEAM KeePer TOM’SKeePer TOM’S LC500Ryo Hirakawa &
Nick Cassidy
38LEXUS TEAM ZENT CERUMOZENT CERUMO LC500Yuji Tachikawa &
Hiroaki Ishiura
46MOLAS Road CRAFTSPORTS GT-RSatoshi Motoyama &
Katsumasa Chiyo
64NAKAJIMA RACINGEpson Modulo NSX-GTBertrand Baguette &
Kosuke Matsuura
100TEAM KUNIMITSURAYBRIG NSX-GTNaoki Yamamoto & Takuya Izawa

GT300

Penantang Baru Kelas GT300

Musim 2017 akan menghadirkan tiga model mobil baru di kelas GT300. Dari kubu pengguna mother chassis, tim pendatang baru Saitama Toyopet Green Brave akan menggunakan mobil Toyota Mark X MC. Model Mark X sendiri merupakan salah satu varian mobil sedan kelas menengah ke atas yang telah diproduksi sejak tahun 2004. Tim Saitama Toyopet akan berlomba dengan duet pembalap Takayuki Hiranuma dan Taku Bamba (pernah membalap di tim GoodSmile Racing dari tahun 2009 hingga 2012).

Salah satu mobil GT3 yang telah malang melintang di berbagai ajang balap internasional, Bentley Continental GT3, akan memulai debutnya di Super GT. Mobil ini diturunkan oleh tim pendatang baru lainnya, EIcars Bentley TTO, dengan diisi oleh duet pembalap Yuji Ide (mantan pembalap F1) dan Ryohei Sekiguchi (musim sebelumnya membalap di tim Pacific Racing).

Di sisi lain, pabrikan Lexus akhirnya resmi meluncurkan mobil balap Lexus RC F GT3 pada tahun ini. Sebelumnya, mobil ini telah “diujicoba” selama dua musim di ajang Super GT oleh tim LM Corsa dan ajang ketahanan VLN di Jerman pada tahun 2016 oleh tim Farnbacher Racing. Di Super GT, tim LM Corsa akan menurunkan dua unit mobil ini. Mobil bernomor 51 (JMS P.MU LMcorsa RC F GT3) dikemudikan oleh Yuichi Nakayama & Sho Tsuboi, sedangkan mobil bernomor 60 (SYNTIUM LMcorsa RC F GT3) dikemudikan oleh Akira Iida & Hiroki Yoshimoto.

Tanda-Tanda Kebangkitan Porsche?

D’station Porsche #33 (© Takashi Ogasawara/as-web.jp)

Kiprah pabrikan Porsche di Super GT kelas GT300 pada era masuknya mobil FIA-GT3 sejak tahun 2011 berhasil diawali dengan catatan gemilang dengan finish di peringkat ketiga klasemen akhir melalui tim Hankook KTR. Mereka akhirnya mengunci gelar juara di musim selanjutnya bersama Team TAISAN ENDLESS. Performa mereka di tahun selanjutnya justru mengalami penurunanan, di mana berbagai tim yang memakai mobil dari pabrikan asal Stuttgart, Jerman tersebut hanya mampu bertengger di posisi papan tengah dan papan bawah klasemen akhir hingga musim 2016.

Menilik hasil uji coba pra-musim yang digelar di sirkuit Okayama dan Fuji, performa pabrikan Porsche pada musim 2017 tampaknya akan kembali menunjukkan performa positif. Dalam ujicoba resmi pertama di Okayama, tim D’Station Racing (#33 D’station Porsche) dan Pacific with Gulf Racing (#9 GULF NAC PORSCHE 911) berturut-turut mampu mencatat waktu di posisi ke-4 pada sesi ujicoba ke-2 dan ke-4. Dalam ujicoba kedua di sirkuit Fuji, tim D’Station Racing dan Pacific with Gulf Racing masing-masing berhasil mencetak waktu di posisi ke-3, pada sesi pertama dan kedua. Menarik untuk melihat apakah performa tersebut dapat dipertahankan oleh kedua tim pada musim balap nanti.

Dari Thailand Menuju Jepang

Suasana paddock dari tim Panther Team Thailand (sumber: facebook.com/TOYOTAteamThailand)

Mulai musim ini, tim peserta yang berlomba di ajang Super GT tidak hanya berasal dari negara tuan rumah. Kelas GT300 akan diramaikan oleh tim baru yang berasal dari Negeri Gajah Putih, yaitu Toyota Team Thailand. Berpartisipasi dengan nama Panther Team Thailand, tim yang diisi hampir seluruhnya oleh jajaran staf dari Thailand akan diperkuat oleh duet pembalap Nattavude “Mad Cow” Charoensukhawatana dan Nattapong Horthongkum.

Nattavude merupakan pembalap gaek berusia 56 tahun yang disebut-sebut sebagai salah satu legenda balap asal Thailand, sedangkan Nattapong berhasil memenangkan kejuaraan balap single-seater di Asia pada awal karirnya.

Toyota Team Thailand sebelumnya sudah dua kali ikut serta dalam ajang Super GT di seri Buriram pada tahun 2014 dan 2016 sebagai peserta wildcard. Tahun ini, mereka akan berpartisipasi secara penuh.

Daftar Tim Kelas GT300

Berikut adalah daftar tim yang turun di kelas GT300 (diurutkan berdasarkan nomor balap).

No.Nama TimNama MobilPembalap
2Cars Tokai Dream28SYNTIUM Apple LOTUSKazuho Takahashi & Hiroki Katoh
3NDDP RacingB-Max NDDP GT-RKazuki Hoshino & Mitsunori Takaboshi
4GOODSMILE RACING & TeamUKYOGOODSMILE HATSUNE MIKU AMGNobuteru Taniguchi &
Tatsuya Kataoka
5TEAM MACHMACH SYAKEN MC86 GTNETNatsu Sakaguchi &
Kiyoto Fujinami
7BMW Team StudieStudie BMW M6Jorg Muller & Seiji Ara
9PACIFIC with GULF RACINGGULF NAC PORSCHE 911Jono Lester &
Kyosuke Mineo
10GAINERGAINER TANAX GT-RRyuichiro Tomita & Hiroki Yoshida
11GAINERGAINER TANAX AMG GT3Katsuyuki Hiranaka &
Bjorn Wirdheim
18TEAM UPGARAGE with BANDOHUPGARAGE BANDOH 86Yuhki Nakayama & Shintaro Kawabata
21Audi Team HitotsuyamaHitotsuyama Audi R8 LMSRichard Lyons &
Masataka Yanagida
22R’Qs MOTOR SPORTSR’Qs SLS AMG GT3Hisashi Wada &
Masaki Jyonai
25VivaC team TSUCHIYAVivaC 86 MCTakamitsu Matsui & Kenta Yamashita
26Team TAISAN SARDTAISAN SARD R8 FUKUSHIMAShinnosuke Yamada & Jake Parsons
30aprTOYOTA PRIUS apr GTHiroaki Nagai & Kota Sasaki
31aprTOYOTA PRIUS apr GTKoki Saga & Rintaro Kubo
33D’station RacingD’station PorscheTomonobu Fujii & Sven Muller
35PANTHER TEAM THAILANDARTO 86 MC 101Nattavude Charoensukhawatana &
Nattapong Hortongkum
48DIJON RacingGT-R GT3Hiroshi Takamori &
Masaki Tanaka
50INGING & Arnage RacingFerrari 488 GTAkihiro Tsuzuki &
Morio Nitta
51LM CorsaJMS P.MU LMcorsa RC F GT3Yuichi Nakayama &
Sho Tsuboi
52Saitama Toyopet Green BraveSAITAMA TOYOPET GreenBrave MARK X MCTakayuki Hiranuma &
Taku Bamba
55AUTOBACS RACING TEAM AGURIARTA BMW M6 GT3Shinichi Takagi & Sean Walkinshaw
60LM CorsaSYNTIUM LMcorsa RC F GT3Akira Iida &
Hiroki Yoshimoto
61R&D SPORTSUBARU BRZ R&D SPORTTakuto Iguchi &
Hideki Yamauchi
65K2 R&D LEON RACINGLEON CVSTOS AMGHaruki Kurosawa &
Naoya Gamou
87JLOCSHOP CHANNEL LAMBORGHINI GT3Shinya Hosokawa &
Kimiya Sato
88JLOCMANEPA LAMBORGHINI GT3Manabu Orido &
Kazuki Hiramine
111Rn-SportsEVA RT TEST-01 Rn-s AMG GTKeishi Ishikawa &
Ryosei Yamashita
117EIcars BENTLEY TTOEIcars BENTLEY GT3Yuji Ide &
Ryohei Sakaguchi
360TOMEI SPORTSRUNUP GT-RYusaku Shibata &
Atsushi Tanaka

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.