BAGIKAN

Tiongkok kembali berinovasi di bidang perkeretaapian. Selain mengembangkan kereta cepatnya, kini Tiongkok juga berinovasi di bidang otomasi perkeretaapian dengan meluncurkan rangkaian kereta api (KA) bawah tanah (subway) otomatis atau tanpa menggunakan peran masinis.

Dilansir dari CCTV News, rangkaian KA bawah tanah tanpa masinis perdana buatan lokal ini akan segera dioperasikan di jalur South Island, Hongkong pada 28 Desember 2016. Sebanyak 10 rangkaian dengan formasi 3 kereta ini nantinya akan dioperasikan untuk menghubungkan distrik Selatan dengan jalur Tsuen Wan dan jalur Island di kawasan bisnis Admiralty, Hongkong.

Jalur South Island ini merupakan jalur KA bawah tanah terbaru yang dibuka pada 19 Desember 2016 lalu oleh Kepala Pemerintah Hongkong, Leung Chun-yung. Proyek pembuatan jalur sepanjang 7 Km tersebut memakan biaya hingga HK$ 17 Miliar. Nantinya jalur ini akan dioperasikan oleh Mass Transit Railway (MTR) Hongkong.

Kepala Pemerintahan Tiongkok, Leung Chun-Yung pada kesempatan pidato peresmian jalur South Island. | Sumber: guancha.cn
Kepala Pemerintahan Tiongkok, Leung Chun-Yung pada kesempatan pidato peresmian jalur South Island. | Sumber: guancha.cn
Advertisement Inline

Rangkaian KA Bawah tanah tanpa masinis ini dibuat oleh China Railway Rollingstock Corporation (CRRC) Changcun Railway menggunakan teknologi yang dikembangkan sendiri oleh Tiongkok. Rangkaian perdananya sendiri diproduksi di sebuah pabrik yang terletak di Hongkong pada bulan Maret 2016.

Seorang teknisi dari CRRC mengatakan bahwa jalur ini merupakan jalur pertama di Tiongkok yang menggunakan 100% kendali otomatis hasil pengembangan dan buatan dalam negeri. Dibandingkan dengan jalur KA bawah tanah pada umumnya, kereta ini memiliki sistem kontrol otomatis secara penuh.

Interior KA Bawah Tanah terbaru Hongkong
Interior KA Bawah Tanah terbaru Hongkong

Walaupun telah memiliki jalur dengan KA tanpa masinis seperti di Guangzhou, Beijing, dan Shanghai, teknisi tersebut mengatakan bahwa jalur tersebut masih harus menggunakan operator serta rangkaian kereta yang digunakan adalah hasil pengembangan luar negeri.

Salah satu peron stasiun di Jalur South Island. | sumber: Guancha.cn
Salah satu peron stasiun di Jalur South Island. | sumber: Guancha.cn

Selain Hongkong, Beijing akan menyusul untuk menggunakan rangkaian fully-automatic yang juga akan dibuat oleh CRRC Changcun Railway.

Pada Jumat (24/12) mendatang, akan diadakan sebuah acara open day untuk umum di jalur South Island serta di bagian perluasan Stasiun Admiralty. Ini bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas stasiun yang baru kepada para calon penumpang.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.