BAGIKAN
Interior KA Minangkabau Ekspres. | Foto: Haristyawan Adelto.

Kabar yang menggembirakan untuk masyarakat Sumatera Barat, setelah sempat terunda beberapa bulan, akhirnya pada Selasa (1/5) KA Bandara Internasional Minangkabau resmi beroperasi. KA dengan nama Minangkabau Ekspres ini menghubungkan Stasiun Padang dengan Stasiun Bandara Internasional Minangkabau sepanjang 23 km, dengan jalur percabangan baru yang dibangun dari Stasiun Duku.

Baca juga: Inilah Galeri Foto KA Bandara Internasional Minangkabau.

KA Bandara Internasional Minangkabau Resmi Beroperasi
Jadwal KA Minangkabau Ekspres. | Sosial Media KAI.

Menggunakan kereta jenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE), rangkaian KA Minangkabau Ekspres tersebut diproduksi oleh INKA Madiun. Pada setiap rangkaiannya terdiri dari empat unit kereta, dengan kapasitas total 393 penumpang baik duduk maupun berdiri. Kereta ini memiliki fasilitas pendingin udara, TV, stok kontak dan  tempat khusus untuk mengakomodir pengguna dengan kursi roda. Berbeda dengan layanan KA Bandara Kuala Namu dan Soekarno-Hatta yang dikelola oleh PT Railink, layanan KA Minangkabau Ekspres dikelola langsung oleh PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat.

Interior kabin KA Minangkabau Ekspres. | Foto: Haristyawan Adelto.
Selain tempat duduk, KA Bandara Minangkabau turut dilengkapi juga oleh gantungan tangan. | Foto: Haristyawan Adelto.
Foto interior KA Bandara Minangkabau di stasiun Duku. | Foto: Haristyawan Adelto.

Dengan harga tiket untuk perjalanan penuh dari Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau sebesar Rp. 10.000 dan Rp 5.000 untuk relasi Padang-Tabing, Padang-Duku, dan Tabing-Duku. Pada masa awal pengoperasian hingga Kamis (3/5) layanan KA Minangkabau Ekspres digratiskan untuk penumpang. Dijadwalkan pada Selasa (8/5) KA Minangkabau Ekspres akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Cemplus Newsline By KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.