Ternyata, Suhu Panas Yang Ekstrem Bisa Merusak Rel Kereta Api

0
Rel yang membengkok (Ilustrasi: Kejadian di foto adalah akibat gempa bumi) | Sumber: http://blogs.agu.org/

Pernahkah anda mengamati bagaimana rel kereta api didesain sedemikian rupa untuk tahan terhadap segala cuaca? Pada hari-hari dengan suhu panas yang ekstrem, suhu rel kereta api yang terkena sinar matahari langsung bisa mencapai 20 derajat celcius lebih panas dari suhu udara yang terasa. Batang rel yang terbuat dari baja membuat suhu panas dari matahari menyebar merata keseluruh bagian rel. Hal seperti ini harus diwaspadai agar rel tidak melengkung dan mengganggu perjalanan kereta api.

Jika rel kereta api mengalami kebengkokan, jalur tersebut harus ditutup dan diperbaiki sebelum dapat dioperasikan kembali. Biasanya perbaikan rel kereta api yang membengkok cukup parah baru dapat dilakukan jika suhu udara sudah menurun.

Jika rel yang akan dilalui dinilai terlalu beresiko, kereta api yang akan melintas diberikan batas kecepatan rendah sehingga mengurangi kemungkinan membengkoknya rel.

Bagaimana cara mencegah membengkoknya rel kereta api karena suhu ekstrem?

Dilansir NetworkRail, ada beberapa cara yang dilakukan perusahaan kereta api di Inggris untuk mencegah permasalahan tersebut.

Jika trek terdiri beberapa rel yang pendek, celah kecil antar rel dapat dibuat agar mengurangi pemuaian. Kebanyakan rel kereta api terdiri dari bentangan panjang rel yang  dilas sehingga pemuaian berkurang. Stabilitas rel kereta api selalu diperiksa setiap musim dingin dan diperbaiki sebelum musim panas tiba.

Rel kereta api dilapisi cat warna putih sehingga menyerap lebih sedikit panas dan mengurangi suhu rel. Biasanya rel yang dicat putih suhunya bisa mencapai 5-10 derajat lebih rendah daripada rel yang tidak dicat. Teknologi untuk mengukur suhu rel kereta api juga telah dipasang yang bertujuan untuk mengetahui secara cepat kalau suhu rel mulai meningkat.

Slab Track | Sumber: Wikipedia
Slab Track | Sumber: Wikipedia

Untuk solusi selanjutnya, beberapa negara menggunakan Slab Track, yaitu pemasangan rel kereta api yang dipasang diatas batangan beton. Beton-beton tersebut menggantikan batu balas (kricak) yang biasa digunakan di jalur kereta api. Biaya pembuatan dan pemasangan Slab Track ini jauh lebih mahal daripada menggunakan kricak.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.