BAGIKAN

Majalah re:ON edisi ke-17 ini diluncurkan dalam acara Indonesia Comic Con 2015 yang berlangsung di Jakarta Convention Center tanggal 14-15 November yang lalu. Bersama dengan komik satuan Tawur dan Galauman (ulasannya dapat dibaca di sini), re:ON vol. 17 hadir dengan dua versi sampul. Versi standar menampilkan karakter utama dari komik Lunar Helios, yaitu Aelfric du Coudray, sementara versi yang khusus hanya dijual di Indonesia Comic Con menampilkan karakter-karakter dari komik dan maskot re:ON dengan gaya chibi di taman bermain. Setelah Math berakhir di edisi sebelumnya, kali ini ada dua komik baru yang siap menyapa pembaca. Dan bagi yang kangen dengan Tawur, ada satu komik istimewa yang ikut mengisi edisi kali ini.

Our Teachers are Artists (Annisa Nisfihani)

JpegKomik singkat berseri yang dibintangi oleh duet penyanyi pop dari Jepang, Faint*Star memulai debutnya di re:ON. Bagian pertama ini baru memperkenalkan Hina dan Yuria sebagai duet artis yang menjalankan kehidupan ganda sebagai penyanyi di malam hari dan sebagai dosen bahasa Jepang di siang hari.

Lunar Helios (Galang Tirtakusuma)

JpegDalam perjalanan mencari ibu Aelfric, Aelfric nyaris tidak bisa menahan diri dari meminum darah dan melarikan diri dari rombongan. Stella, Max, dan Veronica kemudian mencari Aelfric di pemukiman manusia terdekat.

Advertisement Inline

Bab kali ini menambah informasi lagi mengenai kekuatan vampir dan membongkar suatu rahasia. Hal menarik lainnya yang patut disorot adalah bagaimana dalam bab ini digambarkan bahwa di kalangan manusia juga ada manusia jahat yang tega mengorbankan sesama manusia demi kepentingannya sendiri; tidak berbeda dari kalangan vampir yang juga ada yang baik dan yang jahat. Galang Tirtakusuma selaku komikus Lunar Helios kali ini juga hadir dalam rubrik re:TELL untuk menjelaskan latar belakang pembuatan kisah vampir kuudere yang mencari ibunya ini.

My Dearest Irina (Dokutoku)

JpegIrina adalah seorang ketua OSIS di SMP yang sering direpotkan oleh teman masa kecilnya, Glenn yang bandel. Ia naksir kepada ketua OSIS SMA, kak Owen, namun tidak percaya diri untuk mengungkapkan perasaan kepadanya. Pada suatu malam, saat hendak tidur Irina didatangi oleh seorang lelaki misterius bernama Keith yang mengaku berasal dari bulan, dan hendak menjemput Irina.

Komik baru di re:ON ini menghadirkan cerita dengan kesan komik shoujo, langsung dengan tiga karakter cowok yang beredar di sekitar kehidupan Irina. Di antara ketua OSIS pujaan hati, teman masa kecil yang bandel, dan lelaki dari bulan, bagaimana hubungan Irina dengan tiga orang ini akan berkembang nantinya? Siapa sebenarnya Irina sampai dia dijemput oleh orang bulan? Pertanyaan-pertanyaan ini yang perlu dijawab dalam bab-bab selanjutnya.

The Grand Legend Ramayana (Is Yuniarto)

Jpeg

Rama dan Shinta mendatangi lokasi puing istana Khubera untuk melakukan penyelidikan. Mengikuti ingatan Shinta, mereka menemukan lubang saluran di bawah sebuah jembatan yang berujung pada sebuah fasilitas rahasia. Di sana mereka menemukan kenyataan mengejutkan mengenai asal-usul yaksha dan aktor di baliknya.

Bagi yang mengetahui kisah epik aslinya, tentu akan menyadari bahwa adegan penutup bab ini merupakan salah satu momen penting dalam alur cerita Ramayana. Secara keseluruhan, bab ini nampaknya akan menjadi titik balik yang menentukan bagi pekembangan cerita selanjutnya kea rah yang semakin menarik. Percakapan Rahvan dan Vibishan di awal bab juga memberi sedikit petunjuk mengenai motivasi Rahvan, yang semoga dapat dieksplorasi lebih lanjut dengan baik saat waktu yang tepat tiba.

Bachelor’s Brotherhood (Shu Eirin)

JpegAgnes, cewek yang naksir kepada Seto menjelaskan kepada Tony dan Novy alasan mengapa ia suka kepada Seto. Tony pun menawarkan bantuannya kepada Agnes untuk mendekati Seto, tentu dengan niat terselubung.

Komedi Bachelor’s Brotherhood kali ini mengandalkan sifat polos dari karakter Agnes, yang mudah dimanfaatkan oleh “teman”, keliru mengartikan suatu “kebaikan”, dan menerima bualan Tony dan Novy. Sementara Tony memanfaatkan ilmu psikologi dadakan dengan validitas yang questionable dalam menyusun muslihat untuk menggaet hati Agnes.

Population Zero (Kristedy Rinto dan Erde)

JpegSementara Elias dan Ellen pergi mencari makanan, Mara, Jerry, dan Bob memperdebatkan klaim Elias mengenai panggilan telepon yang katanya ia terima dari Tuhan. Jerry kemudian menyiapkan suatu rencana untuk menguji kesahihan klaim Elias. Namun ada kejutan lain yang menanti mereka semua.

Misteri yang dihadirkan oleh Population Zero semakin dalam. Tidak hanya mengenai panggilan telepon “ajaib” yang selama ini diterima Elias, tapi juga mengenai hakikat dari wabah zombie yang telah melanda dunia itu sendiri. Sulit untuk menebak berapa banyak rahasia yang akan terkuak kepada pembaca dalam waktu dekat.

Galauman (Ockto Baringbing dan Ino Septian)

JpegSambil sarapan dengan bubur Labinak, Christa dan Gracia membuka rahasia jati diri bos kelompok kekuatan karunia kepada Gabriel, dan juga menceritakan rencana sang bos untuk melenyapkan kegalauan. Tiba-tiba muncullah Yuri Tuparovich, seseorang yang memiliki kekuatan karunia Yutup. Marah karena Christa dan Gracia membocorkan rahasia bos kekuatan karunia, Yuri pun menyerang mereka.

Bagi yang telah mengikuti Galauman sejak awal, tentu sudah bisa menduga siapa otak di balik kelompok kekuatan karunia. Namun walau telah mengetahui rencana besar sang bos, perjalanan Gabriel/Galauman untuk menghentikannya masih panjang, karena ada musuh-musuh lainnya yang akan menghalanginya. Yuri yang menjadi penantang Galauman selanjutnya memiliki kekuatan yang unik dan berbahaya. Tapi tetap ada petunjuk mengenai potensi kelemahan kekuatan itu yang akan make sense untuk dieksploitasi.

Hyper Fusion Cyborg Idol Rinka (Vino, Hendry, dan Kaari)

JpegRinka dan Hiro melanjutkan penyusupan ke markas McMoran. Dengan menggunakan robot tikusnya, Candy yang telah ditangkap oleh McMoran membantu Rinka dan Hiro melewati sistem keamanan McMoran. Ia juga mengarahkan mereka serta Titus ke lokasi tempat tinggal penduduk desa yang telah menjadi pekerja tambang. Di sana Titus menemukan kenyataan pahit mengenai keadaan para pekerja tambang, termasuk ayahnya. Bisakah mereka meyakinkan para pekerja tambang untuk membantu menggagalkan rencana McMoran?

Keberadaan Candy yang lihai membawa warna kepada cerita ini dengan menggiring karakter-karakter lainnya untuk melakukan tindakan yang tepat. Sejauh ini McMoran belum memberi perlawanan yang berarti untuk menghentikan penyusupan Rinka dkk. Apakah Vesper yang merupakan tangan kanan McMoran akan menjadi lawan tangguh dan rintangan utama terhadap upaya Rinka dkk. menghentikan rencana McMoran? Hal tersebut masih perlu dinantikan dalam bab selanjutnya.

Dear Diary (C. Suryo Laksono)

Jpeg

Sebuah spin-off dari seri Tawur dalam bentuk komik one shot. Komik singkat ini menggambarkan kehidupan Starki sebagai kepsuk di sekolahnya sebelum ia bertemu dengan Budi. Komik ini memberi sisi lain yang menarik dari karakter Starki, yang menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi untuk menjaga keselamatan teman-temannya.

Selain komik-komik di atas, re:ON juga menghadirkan komik strip “10 Tanda Gagal Move On” dalam rubrik re:FRESH, yang kali ini dibintangi oleh sang Galauman, Gabriel Laurent dalam berbagai situasi yang mengangkat kembali kenangan pedih dengan mantan. Ada juga laporan acara MangaFest Jogja 2015 dalam rubrik re:PORT, dan panduan cara mewarnai muka dan rambut dalam rubrik re:CREATE.

KAORI Newsline | oleh Halimun Muhammad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.