Hal Besar Dalam Jagad Wibu Indonesia di 2014

103

Tidak terasa 2014 akan segera berakhir. Sebelum 2014 berakhir sudah banyak kejadian yang menghebohkan di dunia jejapangan di Indonesia mulai dari soal konser, dunia cosplay, pembajakan dan masih banyak lagi. Untuk itu kami mencoba merangkum kejadian menghebohkan apa yang terjadi di dunia jejepangan selama tahun 2014.

1. Demam KanColle

Kantai Collection

Kantai Collection atau KanColle merupakan sebuah game free-to-play buatan Kadokawa Games. Game ini merupakan game yang menjadikan kapal perang sebagai senjata utama untuk bertempur, namun kapal perang ini semuanya berbentuk moe sehingga game ini menjadi terkenal dan mempunyai 2,2 juta pemain sampai September 2014. Di Indonesia game ini mulai mewabah pada awal 2014 dan tiba-tiba KanColle langsung menarik perhatian banyak otaku untuk memainkan game ini. Istilah VPN pun tiba-tiba menjadi trending mengingat game ini hanya bisa dimainkan hanya di Jepang saja. Beberapa event yang berbau tentang Jepang disini juga langsung dipenuhi oleh barang-barang yang berbau KanColle dari mulai doujin sampai cosplay karakter KanColle marak di Indonesia.

Advertisement Inline

Simak beberapa tulisan KAORI mengenai fenomena Kantai Collection:

Bagian I: Kantai Collection, Euforia Baru Penggemar Anime di Jepang
Bagian II: Wawancara dengan Pemain Kantai Collection; Orang Indonesia Royal Keluar Uang!
Bagian III: Panduan Registrasi Game Kantai Collection

2. Miku Expo

maxresdefault

Seolah menjadi “mimpi basah” para penggemar Vocaloid ketika mereka tahu bahwa para karakter Vocaloid akan berkunjung ke Jakarta dalam gelaran acara Miku Expo. Setelah berita itu muncul sontak jejaring sosial heboh akan acara ini karena akhirnya mereka bisa melihat hologram Miku dan teman-temannya dimainkan secara langsung, namun apa daya harga tiket yang cukup mahal membuat orang-orang tidak bersemangat untuk menyaksikan pertunjukan tersebut bahkan sampai ada celotehan yang pasti akan kita ingat sepanjang tahun ini yaitu “Nonton di youtube aja gan”. Pada akhirnya show must goes on dan masih ada saja orang yang merekam footage konser tersebut ke dalam Youtube selama konser berlangsung padahal selama konser tidak boleh ada aktivitas foto dan rekaman tapi sekarang juga sudah ada rekaman konser resmi di channel Youtube Hatsune Miku.

KAORI sempat meliput secara rinci jalannya konser Miku Expo tersebut berikut polemik pengunggahan konser tersebut secara ilegal. Berikut adalah tulisan dari KAORI:

Bagian I: Hatsune Miku Expo di Indonesia: Rangkuman Laporan
Bagian II: Mengekspos Polemik Konser Hatsune Miku di YouTube

3. Kiamat Otaku

521407

MAG-Project adalah salah satu program yang dibuat oleh Kementrian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI). Program ini rencananya menebas sekitar 580 judul anime (kartun Jepang) yang dibajak secara online. Sontak hal ini menggegerkan konsumen anime dan manga yang mendapatkan sumber konsumsinya secara gratis dan ilegal terutama di Indonesia yang semua tahu tidak ada sumber menonton anime terbaru selain mengunduh ilegal di situs penyedia anime ilegal atau dengan cara torrent. Setelah itu kata “kiamat otaku” pun menjadi trending dalam beberapa bulan, namun semakin hari hal tersebut seolah hanya menjadi angin lalu karena pada kenyataannya situs yang akan diblokir oleh METI masih bisa dibuka sampai sekarang.

KAORI sempat membuat laporan ekspos mengenai polemik “kiamat otaku” tersebut. Berikut ini adalah laporan dari Ekspos KAORI:

Bagian I: Di Bawah Lindungan METI
Bagian II:  Stop Kepanikan Berlebihan! T&J Kebijakan METI
Bagian III: Wani Piro? Kontroversi Lisensi H-Manga oleh Wani dan Fakku

4. Anime Festival Asia 2014

Logo-AFAID2014

Anime Festival Asia atau AFA kembali digelar dan ini sudah kali ketiga acara ini dilaksanakan. Setelah tahun lalu banyak yang mengeluh soal tempat yang terlalu sesak akhirnya venue acara tahun ini diperluas. Kehebohan terjadi ketika tanggal diadakannya acara ini jatuh pada hari Jum’at – Minggu, 15 – 17 Agustus 2014 dimana tanggal 17 Agustus 2014 menjadi hari kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang. Timeline pun penuh dengan berbagai pernyataan bahwa pergi ke AFA pada tanggal 17 Agustus tidak nasionalis karena mereka akan pergi ke acara yang didalamnya ada produk kebudayaan pop dari Jepang dan mereka dianggap budak penjajah.

5. Pembajakan Stand By Me Doraemon

standbyme-landscape2

Film Stand By Me ini memang sudah buzzing sebelumnya di media sosial ketika film ini akan tayang di Indonesia sehingga banyak yang mengatakan film ini merupakan film yang paling ditunggu di penghujung 2014. 500 ribu penonton pun berhasil ditembus dalam waktu 5 hari film ini tayang. Selang beberapa hari setelah rekor itu diciptakan muncul link unduhan ilegal film Stand By Me, padahal Blu-Ray film ini akan rilis tahun 2015. Hal ini menimbulkan kehebohan bukan hanya di dunia jejepangan namun juga di masyarakat umum sampai-sampai terdengar kabar bahwa film Naruto dan Attack on Titan live action akan batal diputar di Indonesia karena kasus pembajakan ini. Meskipun ada pembajakan, film ini tetap laku di bioskop dan memecahkan rekor 1 juta penonton setelah 2 minggu lebih diputar di bioskop blitzmegaplex, Cinemaxx, dan Platinum Cineplex.

6. Aikatsu dan JKT48

Aikatsu!-Serial-TV-dan-Permainan-Anime-Jepang

Aikatsu merupakan sebuah arcade game yang sudah diadaptasi dalam anime oleh studio Sunrise. Anime ini sempat menjadi perbincangan di linimasa media sosial karena Aikatsu akan tayang di Indonesia via RCTI dan bukan hanya itu saja mesin permainannya juga akan didatangkan dari Jepang, yang lebih menghebohkan lagi adalah kerjasamanya dengan JKT48 dimana beberapa kartu Aikatsu akan berisi member JKT48. Game ini sempat memunculkan fenomena internet seperti istilah Aikatsu-ojiisan di mana para pemain game ini sudah berusia tidak lagi muda namun memainkan game yang demografisnya untuk anak perempuan. Namun di Indonesia fenomena Aikatsu-ojiisan belum terlalu terlihat dan di Jepang sendiri Aikatsu masih populer di kalangan anak perempuan.

7. Maraknya film Jepang ke Indonesia

Kenshin

Tahun 2014 merupakan tahun di mana film Jepang banyak yang masuk ke Indonesia. Mulai dari film terakhir karya Hayao Miyazaki, Ruroni Kenshin The Movie, Initial D The Movie, Fatal Frame sampai puncaknya Stand By Me Doraemon. Animo masyarakat terhadap film Jepang ini juga sangat besar, film Ruroni Kenshin yang penuh sewaktu tayang pertama kali dan Stand By Me Doraemon yang sukses membawa satu juta penonton ke bioskop dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu.

Berikut adalah film-film yang telah diputar di bioskop Indonesia selama tahun 2014: Oshin, The Wind Rises, Black ButtlerConan Movie 18K: Missing KingsJu-On 3, Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno, Rurouni Kenshin – The Legend Ends, Stand By Me Doraemon, Saint Seiya: Legend of SanctuaryNew Initial D the Movie Legend 1 – AwakeningFatal Frame.

Adapun bioskop-bioskop yang telah memutar film Jepang di Indonesia sepanjang tahun 2014 adalah Blitzmegaplex, Cinemaxx, dan Platinum Cineplex.

8. Isu KPI dan Anime di Indonesia

10246781_903517479659621_6808665012071058682_n

Beberapa bulan lalu, sejumlah media online marak memberitakan mengenai langkah KPI yang memberikan teguran kepada Tom & Jerry , Crayon Shinchan dan Spongebob Squarepants karena mengandung hal-hal yang berbahaya bagi anak-anak. Berita ini juga diliput oleh media internasional seperti Asahi Shinbun, 0takumu sampai Anime News Network. Hal ini sempat membuat heboh dan memunculkan pro dan kontra terutama di kalangan pecinta anime yang menganggap bahwa mereka tidak merasakan dampak negatif setelah menonton kartun yang ditegur oleh KPI.

KAORI sempat membuat laporan ekspos mengenai polemik KPI tersebut. Berikut ini adalah laporan dari Ekspos KAORI:

Bagian I: Bongkar Mitos Di Balik KPI dan Anime
Bagian II: Apa Kata KPI
Bagian III: 2 Bulan Kemudian

9. Cosplay Hijab

640x426xcosplay-hijab-2-640x426.jpg.pagespeed.ic.EIQE_DcvC5

Apa jadinya jika hijab dicampurkan dengan karakter anime? Hasilnya adalah cosplay hijab. Diawali dengan kemunculan cosplayer yang mengenakan kostum Hatsune Miku namun memakai hijab, cosplay hijab sempat menjadi perbincangan di dunia maya. Ada pro dan kontra soal cosplay jilbab ini, di satu sisi ada yang mendukung karena kekreatifannya tapi di satu sisi menentang karena merusak karakter asli tersebut.

KAORI sempat membuat laporan ekspos mengenai fenomena cosplay hijab tersebut. Berikut ini adalah laporan dari Ekspos KAORI:

Bagian I: Ekspos: Apa Salah dan Dosa Cosplay Hijab
Bagian II: Wawancara: Apa Kata sang Cosplayer Hijab

Mungkin ada yang kurang dari daftar ini, jika ada utarakan pendapat Anda tentang hal besar dalam jagad wibu Indonesia di 2014. Akhir kata, KAORI Newsline mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015 dan semoga sukses terus menyertai di tahun yang baru.

KAORI Newsline | Oleh Luthfi Suryanda Atmojo

103 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.